Site icon Arah Tujuan Negeri

Hari Ini IDI dan 4 Organisasi Profesi Lainnya Lakukan Aksi Damai Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Arahnegeri.com, Jakarta – Hari ini Senin, 8 Mei 2023 sebanyak 5 organisasi profesi kesehatan akan menggelar aksi damai di Jakarta terkait penolakan RUU Kesehatan Omnibus Law.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawan Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) secara bersama-sama akan mengadakan Aksi Damai Nasional Stop Pembahasan RUU Kesehatan Omnibus Law.

Selain aksi damai nasional di Jakarta, aksi simpatik juga akan dilakukan berupa memberikan bunga/kue kepada pasien di fasilitas kesehatan, serta menggunakan pita hitam yang telah berlangsung sejak 26 April 2023.

IDI berharap agar Pembahasan RUU Kesehatan (Omnibus Law) dihentikan dan atau tidak diteruskan pembahasan TK-I bahkan hingga TK-II.

Baca Juga: Moeldoko: Indonesia Tetap Perlu Mendapatkan Sorotan Khusus dalam Pemberitaan KTT ASEAN

Disampaikan pada akun Instagram IDI Kota Bandung, penolakan tersebut didasarkan pada sejumlah poin, di antaranya sebagai berikut:

1. Bahwa RUU Kesehatan OBL sejak awal pembentukannya bermasalah karena tidak taat asas dan premature

2. Bahwa RUU Kesehatan OBL masih banyak batang tubuh/pasalnya saling kontradiktif dan tidak selaras dengan naskah akademiknya, dilakukan secara terburu – buru dan tidak mencerminkan partisipasi publik yang sesungguhnya

3. Bahwa RUU Kesehatan OBL secara filosofis, yuridis dan sosiogis tidak lebih baik dari UU yang sudah ada dan akan dihapuskan

4. Bahwa RUU Kesehatan OBL ini bersifat diskriminatif dan potensial terjadinya kriminalisasi terhadap Dokter dan Tenaga Kesehatan

5. Bahwa RUU Kesehatan OBL ini tidak hanya menghilangkan kewenangan organisasi profesi tetapi juga menghilangkan eksistensi organisasi profesi.

Baca Juga: Erick Thohir Nilai Gelaran KTT Asean ASEAN 2023 Jadi Bukti Indonesia Bisa Jadi Negara Maju

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.comUntuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version