Site icon Arah Tujuan Negeri

Seleksi PPPK 2024 Resmi Dibuka: Fokus Penataan Pegawai Non-ASN dengan Sistem CAT

ArahNegeri.com – Seleksi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Tahun Anggaran 2024 resmi dibuka mulai 1 Oktober dan terbagi dalam dua periode pendaftaran.

Periode I dibuka mulai 1 hingga 20 Oktober 2024, ditujukan bagi Pelamar Prioritas seperti Pelamar Prioritas Guru dan D-IV Bidan Pendidik Tahun 2023, Eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II) yang terdata dalam pangkalan data THK-II di BKN, serta Tenaga non-ASN yang tercatat dalam database BKN.

Sedangkan, Periode II akan berlangsung dari 17 November hingga 31 Desember 2024 untuk pelamar tenaga non-ASN yang masih aktif bekerja di instansi pemerintah, termasuk lulusan PPG yang melamar untuk formasi guru di instansi daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa pada tahun 2024, pemerintah menetapkan alokasi formasi terbesar untuk PPPK, yaitu sebanyak 1.031.554 dari total 1.280.547 formasi CASN 2024 (data per 22 Agustus 2024). Besarnya formasi PPPK ini merupakan langkah untuk menyelesaikan penataan tenaga non-ASN di instansi pemerintah.

“Seleksi PPPK tahun 2024 kita fokuskan untuk penataan pegawai non-ASN, sehingga 100 persen formasi PPPK akan dibuka untuk pegawai non-ASN di Instansi Pemerintah,” jelas Anas dalam siaran pers, dikutip Kamis (3/10/2024).

Anas juga menambahkan bahwa seleksi PPPK tahun 2024 akan dilaksanakan menggunakan metode computer assisted test (CAT) dengan penentuan kelulusan berdasarkan peringkat terbaik.

“Dalam seleksi tidak ada nilai ambang batas, namun pelamar akan dinyatakan lulus jika berperingkat terbaik,” ungkap mantan Bupati Banyuwangi tersebut.

Seleksi PPPK hanya memiliki dua tahapan, yaitu seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Seleksi kompetensi ini bertujuan untuk menilai kesesuaian Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, serta Kompetensi Sosial Kultural yang dimiliki pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Selain itu, akan dilakukan wawancara berbasis komputer untuk menilai integritas dan moralitas peserta.

Baca Juga : 29.109 Pelamar PPPK Kemenag Berhasil Lulus Seleksi Kompetensi!

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari ArahNegeri.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version