Site icon Arah Tujuan Negeri

Sultan Najamudin Terpilih Sebagai Ketua DPD RI 2024-2029, Gantikan La Nyalla Mattalitti

ArahNegeri.com – Setelah melalui proses pemilihan yang ketat, Sultan Baktiar Najamudin resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029, menggantikan La Nyalla Mattalitti. Pemilihan pimpinan DPD RI ini berlangsung dalam rapat paripurna yang digelar sejak Selasa (1/10/2024) hingga Rabu (2/10/2024) dini hari.

Paket kepemimpinan Sultan Najamudin yang didukung GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung sebagai calon wakil ketua, berhasil mengantongi 95 suara. Sementara itu, paket La Nyalla Mattalitti yang mencalonkan Nono Sampono, Elviana, dan Andi Muhammad Ihsan sebagai calon wakil ketua, memperoleh 56 suara.

Sebelum terpilih sebagai Ketua DPD RI, Sultan Najamudin menjabat sebagai Wakil Ketua III DPD RI. Karier politiknya dimulai pada 2009, saat dirinya maju sebagai calon anggota DPD RI dari daerah pemilihan Bengkulu dan berhasil terpilih. Namun, ia kemudian mengundurkan diri setelah dilantik sebagai Wakil Gubernur Bengkulu untuk sisa masa jabatan 2010-2015.

Lahir pada 11 Mei 1979, Sultan Najamudin pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Bengkulu pada Pilkada 2015 bersama kader PDI-P, Mujiono, namun kalah dari pasangan Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah. Tak menyerah, Sultan kembali maju dalam Pemilu Legislatif 2019 sebagai calon DPD RI dari Bengkulu, dan sukses meraih 191.499 suara, yang membawanya kembali ke Senayan sebagai Wakil Ketua III DPD RI.

Pada Pemilu 2024, Sultan Najamudin kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI dari Bengkulu dan berhasil lolos dengan 129.495 suara. Dalam pemilihan paket pimpinan DPD RI 2024-2029, ia akhirnya terpilih sebagai Ketua DPD RI setelah memenangkan voting.

Selain berkarier di politik, Sultan Najamudin juga dikenal sebagai pengusaha. Ia memulai usahanya dari nol dengan membuka layanan servis AC keliling hingga kemudian membangun perusahaan sendiri. Sultan juga pernah menjabat sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bengkulu dan merupakan komisaris di ASA Karya Group, perusahaan yang bergerak di bidang penjualan senjata, bahan peledak, dan tabung gas berskala nasional.

Sultan Najamudin kini memegang tampuk kepemimpinan DPD RI, dan diharapkan membawa perubahan signifikan dalam lembaga tersebut untuk lima tahun ke depan.

Baca Juga : Presiden Joko Widodo Memukau dengan Baju Adat Betawi di Sidang Tahunan MPR

Exit mobile version