Site icon Arah Tujuan Negeri

Mahasiswa Mendesak Pemakzulan Jokowi dalam Demonstrasi

Jakarta, ArahNegeri.com – Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa menghadapi ketegangan dengan kepolisian di kawasan Harmoni, Jakarta, dan sejumlah mahasiswa di Bandung juga turut serta dengan menyebar bendera merah putih setengah tiang.

Di Jakarta, ratusan mahasiswa menggelar aksi demonstrasi yang menyerukan empat tuntutan serta pemakzulan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mereka melakukan Long March dari Tugu 12 Mei di depan Universitas Trisakti, Grogol, menuju kawasan Monas, Harmoni, pada Rabu sore, 7 Februari 2024.

Meskipun terjadi ketegangan dengan pihak kepolisian di Harmoni, bentrokan lebih lanjut dapat dihindari, sehingga massa melanjutkan orasinya.

Keempat tuntutan mahasiswa termasuk dalam pemakzulan Presiden Jokowi, boikot partai politik yang tidak mendukung pemakzulan, desakan pengunduran diri para menteri dari kabinet Jokowi-Ma’ruf, dan seruan protes di seluruh Indonesia hingga Presiden Jokowi dipecat.

Mereka mengangkat sepuluh isu, termasuk kecurangan dalam pemilu, korupsi, konflik agraria, monopoli sumber daya alam, kerusakan lingkungan, mahalnya biaya pendidikan dan kesehatan, kebebasan sipil, keadaan ekonomi dan gender, kekerasan aparat, dan masalah dalam produk hukum.

Di Bandung, mahasiswa mengibarkan bendera merah putih setengah tiang dan membakar ban sebagai bentuk protes.

Aksi demonstrasi ini bertujuan untuk menuntut presiden diadili di tengah penurunan kualitas demokrasi.

Massa aksi menyatakan bahwa mereka muak dan kehilangan kepercayaan terhadap kepemimpinan Jokowi. Mereka juga mendukung petisi dari kalangan akademisi di berbagai daerah untuk menyelamatkan demokrasi Indonesia.

Baca Juga : Waspada Demo Buruh di Istana Hari Ini

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari ArahNegeri.Com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version