Site icon Arah Tujuan Negeri

Resmi! TikTok Shop Buka di RI, Bayar Rp 23 T ke Tokopedia

Arahnegeri.com – GoTo dan TikTok telah secara resmi mengumumkan kolaborasi mereka di Indonesia untuk mengembangkan sektor e-commerce. Pengumuman ini memastikan kebenaran rumor yang beredar belakangan ini, yang menyebutkan bahwa TikTok Shop akan kembali hadir di Indonesia dengan bermitra bersama pemain lokal.

“Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia,” tertera dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (11/12/2023).

Sebagai bagian dari kerja sama ini, TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia. Penting untuk dicatat bahwa investasi ini tidak akan menyebabkan dilusi lebih lanjut terhadap kepemilikan GoTo di Tokopedia.

“Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek. GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut,” tertera dalam laporan tertulis.

Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan fase uji coba yang akan dilakukan dengan bimbingan dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan selama periode uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal yang dijadwalkan dimulai pada 12 Desember 2023, bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Kampanye Beli Lokal akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, fokus utamanya adalah mempromosikan berbagai jenis pedagang, dengan penekanan khusus pada produk-produk asli Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok akan memberikan peluang kepada pengguna TikTok untuk berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.

Kedepannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo. berkomitmen untuk memberikan manfaat yang lebih luas kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui pemanfaatan platform e-commerce, dengan tujuan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Dengan penggabungan kedua bisnis ini, lebih dari 90% dari para pedagang adalah UMKM. Pelaku UMKM ini akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program yang disediakan oleh TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo.

● Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok;

● Huluisasi UMKM – mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan);

● Dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang;

● Mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional;

● Membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia; dan

● Memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.

Diharapkan bahwa transaksi tersebut akan diselesaikan dalam kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan ini sejalan dengan upaya Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan melaksanakan strategi Perseroan dalam memperluas cakupan pasar (total addressable market).

Untuk menjamin kelangsungan langkah-langkah PT Tokopedia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital nasional, sebuah komite akan dibentuk untuk memfasilitasi transisi dan integrasi. Komite ini akan dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok.

Dalam proses transaksi ini, Goldman Sachs berperan sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.

Baca Juga : Timnas Esports Mobile Legends: Bang Bang Putri lolos ke Grand Final SEA Games 2023

Dapatkan informasi terupdate berita dari kami. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media arahnegeri lainnya.

Exit mobile version