Site icon Arah Tujuan Negeri

Sejarah Hari Sumpah Pemuda, Lagu Nasional serta Rangkaian Kegiatannya

Jakarta, Arahnegeri.com – Sumpah Pemuda adalah ikrar yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta. Ikrar ini digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda lainnya.

Sumpah Pemuda bertujuan untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa yang satu, dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta menjadi awal dicetuskannya Sumpah Pemuda. Kongres ini dihadiri oleh 28 organisasi pemuda dari seluruh Indonesia. Dalam kongres tersebut, para pemuda sepakat untuk bersatu dan menolak segala bentuk penjajahan.

Isi teks Sumpah Pemuda terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berisi janji untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa yang satu, dengan berlandaskan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Bagian kedua berisi janji untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Sumpah Pemuda menjadi tonggak sejarah penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Ikrar ini membangkitkan kesadaran seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa yang satu, dan mengubah perjuangan rakyat Indonesia dari bersifat kedaerahan menjadi kesatuan yang kuat.

Sumpah Pemuda terdiri dari tiga butir sumpah, yaitu:

Lagu-lagu nasional yang mengandung makna Sumpah Pemuda antara lain:

Beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan pada Hari Sumpah Pemuda antara lain:

Baca Juga : Ketum PKB Maknai Sumpah Pemuda, Kaum Muda adalah Energi Perubahan Bangsa

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version