Site icon Arah Tujuan Negeri

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia!

Jakarta, Arahnegeri.com – Hari Kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap 10 Oktober menjadi pengingat akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Stres biasanya akan semakin menumpuk saat kita memasuki usia dewasa. Namun, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki perasaan.

Salah satunya adalah dengan seni. Dilansir dari Chanel News Asia, Selasa, 22 Agustus 2023, seni dapat meningkatkan mood Anda menurut penjelasan psikiater Dr. Frank Clark. Ia mempraktikkan informasi itu saat belajar menjadi psikiater di sekolah kedokteran. Dia memutuskan untuk menulis puisi pertamanya.

“Semua obrolan yang ada di kepala saya, semua yang saya rasakan, kini bisa saya tuangkan di atas kertas dan pena saya yang bisa berbicara,” ujarnya mengingat kembali pemikirannya saat itu.

Saat itu, dia sedang berjuang melawan depresi dan mengandalkan beberapa hal untuk mencegahnya, termasuk lari, terapi, pengobatan, dan keyakinannya. “Saya harus mencari sesuatu yang lain untuk mengisi kekosongan itu,” katanya.

Ternyata puisi adalah bagian yang hilang dalam “teka-teki kesehatan” miliknya. “Saya melihat adanya peningkatan dalam suasana hati saya,” kata Dr Clark, yang kini merawat pasien di Greer, Carolina Selatan, Amerika Serikat. “Ini memberi saya jalan keluar lain,” imbuhnya.

Gagasan bahwa seni dapat meningkatkan kesejahteraan mental adalah sesuatu yang secara intuitif dipahami oleh banyak orang. Namun, hal itu seringkali terlupakan terutama jika kita sudah terputus dari kegiatan menari, menulis kreatif, menggambar, dan menyanyi yang biasa kita nikmati semasa kanak-kanak.

Namun, ada “bukti kuat” yang menunjukkan bahwa menciptakan karya seni, serta aktivitas seperti menghadiri konser atau mengunjungi museum, dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, kata Jill Sonke, Direktur Penelitian di Pusat Seni Kedokteran Universitas Florida.

Baca Juga : Hari Ini IDI dan 4 Organisasi Profesi Lainnya Lakukan Aksi Damai Tolak RUU Kesehatan Omnibus Law

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version