Site icon Arah Tujuan Negeri

Justin Trudeau Hadiri KTT ASEAN 2023 Sebut Keramahan Warga Indonesia Melegenda

Jakarta, Arahnegeri.com – KTT ASEAN-Kanada yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berlangsung. Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau pun menyinggung soal keramahtamahan warga Indonesia yang sangat melegenda.

“Terima kasih banyak Presiden Widodo atas sambutan anda di sini, pada pertemuan puncak ASEAN ini, serta keramahtamahan masyarakat Indonesia yang sangat melegenda dan sangat kami hargai,” kata Justin Trudeau dalam pidato pembukanya yang disampaikan dalam Bahasa Inggris di KTT ASEAN-Kanada, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Justin Trudeau mengungkapkan, ini adalah kali kedua dirinya mengunjungi Indonesia. Dia pun merasa terhormat Kanada bisa menjadi bagian dari KTT ASEAN.

“Teman-teman, merupakan suatu kehormatan besar bagi Kanada sekali lagi untuk menjadi bagian dari pertemuan puncak tahun ini. Kami telah berpartisipasi dalam KTT ASEAN pada tahun 2019. Ini adalah kedua kalinya saya mengunjungi Indonesia dalam setahun dan beberapa dari Anda mungkin tahu bahwa sejumlah menteri dan pemerintah (Kanada) baru-baru ini terlibat di berbagai negara di wilayah ini,” tutur dia.

Justin Trudeau kemudian bercerita bahwa kolega dan temannya menyampaikan betapa jauhnya Jakarta saat dia mengatakan akan menghadiri KTT ASEAN. Namun, menurutnya, kehadirannya penting lantaran hasil yang didapat dari KTT ASEAN bisa memberikan pengaruh kepada masyarakat.

“Ketika saya sampaikan kepada sejumlah kolega dan teman bahwa saya akan datang ke Jakarta untuk menghadiri KTT ASEAN, orang-orang berkomentar tentang seberapa jauh jaraknya dan betapa lama dan mungkin perjalanan yang melelahkan untuk sampai ke sini,” tutur dia.

“Namun terlepas dari jarak geografisnya, beberapa tahun terakhir ini telah menunjukkan kepada kita betapa terhubung dan dekatnya kita semua. Hal-hal yang terjadi di setiap sudut dunia kini mempengaruhi setiap sudut dunia. Yang lebih penting lagi, hal-hal yang terjadi pada orang-orang di belahan dunia manapun berdampak pada orang-orang di belahan dunia lainnya,” imbuh Justin Trudeau.

Kanada Jadi Mitra Strategis ASEAN

Justin Trudeau menuturkan peluncuran kemitraan strategis antara ASEAN dan Kanada menjadi tonggak sejarah. Kemitraan dengan ASEAN ini disebutnya sangat berarti bagi Kanada.

“Canada’s Indo Pacific strategy and ASEAN’s outlook on the Indo Pacific selaras. Kami mempunyai komitmen yang jelas terhadap perdamaian dan stabilitas, keterbukaan dan transparansi, terhadap pembangunan dan kerja sama ekonomi, dan untuk memahami bahwa peraturan internasional sangat penting untuk pertumbuhan. Kanada berkomitmen untuk meningkatkan keterlibatan kami dengan kehadiran yang lebih aktif di wilayah ini,” papar Justin Trudeau.

Justin Trudeau pun senang Kanada menjadi mitra strategis ASEAN. Dia mengatakan dengan bergabungnya Kanada ini bisa menyelesaikan masalah dan tantangan yang tengah dihadapi global saat ini.

“Itulah yang menyatukan kita di sini dan saya sangat senang menjadi mitra strategis ASEAN karena ini berarti peluang baik bagi masyarakat ASEAN dan juga peluang bagi masyarakat di Kanada. Dan itulah yang membuat kami terus maju,” pungkas dia.

Baca Juga : Moeldoko: Indonesia Tetap Perlu Mendapatkan Sorotan Khusus dalam Pemberitaan KTT ASEAN

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version