Site icon Arah Tujuan Negeri

Viral Video Pilot Susi Air Disandera KKB Papua, TNI Janji Cari Maksimal

Jakarta, Arah Negeri – Sebuah foto dan video yang menampilkan kondisi pilot Susi Air asal Selandia Baru, Capt Philip Mark Mehrtens, yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) viral. TNI berjanji mencari Capt Philip secara maksimal.

Dari foto yang beredar, Rabu (15/2/2023), terlihat Capt Philip mengenakan jaket jins, celana pendek, dan bucket hat. Ia dikelilingi oleh gerombolan KKB yang menenteng senjata api hingga senjata tajam.

Terlihat pula bendera Bintang Kejora dikibarkan. Di foto itu, Capt Philip berjabat tangan dengan salah satu anggota KKB.

Selain foto, ada juga video. Pada video tersebut, Capt Philip menyampaikan sejumlah pesan.

“OPM ditangkap saya, untuk Papua Merdeka,” ujar Capt Philip.

“Orang (tentara) Indonesia harus pulang. Kalau mereka nggak pulang, saya nggak bisa lepas, dan mereka bilang tembak saya,” lanjutnya dengan terbata-bata.

Capt Philip lalu melanjutkan pesannya menggunakan bahasa Inggris. Setelahnya, seorang anggota KKB turut angkat bicara.

“Oke dari kami, kami tangkap pilot dari Karo, kami bawa pilot ini untuk karena tentara Indonesia tidak pernah mengaku Papua Merdeka,” jelas seorang KKB itu.

Ia menyebut mata pemerintah Indonesia harus terbuka untuk Papua. Ia mengancam tidak akan melepaskan Capt Philip kecuali tuntutan mereka dipenuhi.

Baca Juga : BKKBN Menyatakan Butuh Waktu Lama Untuk RI Alami Resesi Seks

“Hanya (Capt Philip) kami lepas dengan Papua Merdeka. Kalau tidak, pilot sama-sama mati,” lanjutnya.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa buka suara. Saleh telah mengetahui adanya foto dan video yang tersebar.

“Bahwa dari ciri yang ada, benar foto dan video yang beredar di Medsos merupakan Pilot Susi Air yaitu Capt Philip Mark Mehrtens bersama gerombolan KST Pok Egianus Kagoya. Pada rekaman video yang beredar tersebut KST telah mengakui telah melakukan aksi teror membakar pesawat Susi Air dan melakukan penyanderaan Pilot Susi Air,” ujar Saleh dalam keterangannya.

Saleh menyebut pihaknya bakal mencari Capt Philip. Langkah pencarian, tambah Saleh, dilakukan secara maksimal.

“Bahwa dalam video tersebut tuntutan gerombolan KST sudah kita dengar. Aparat TNI Polri terus melakukan pencarian secara maksimal, termasuk melibatkan semua pihak baik para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat serta Pemerintah Daerah untuk melakukan pencarian Pilot Susi Air, bahkan langkah-langkah teknis dan taktis pencarian telah dilakukan sehingga dapat ditemukan dalam kondisi sehat dan selamat,” lanjutnya.

Saleh meminta masyarakat mendoakan agar Capt Philip bisa ditemukan segera dengan selamat.

Baca Juga : Panglima TNI Terkait Pilot Susi Air Disandera KKB: Tidak Ada, Dia Selamatkan Diri

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.comUntuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version