Site icon Arah Tujuan Negeri

Ini Dia 5 Negara yang Memata-Matai Indonesia

Arah Negeri – Ada 5 negara di dunia yang memata-matai Indonesia. Hubungan politik antar dua atau lebih negara kerap mengalami pasang surut.

Tak jarang hal tersebut terjadi karena adanya konflik pengintaian. Hal tersebut rupanya pernah dialami Indonesia yang diintai oleh negara-negara lain, bahkan tetangga sendiri.

Berikut 5 negara yang memata-matai Indonesia.

1. Selandia Baru

Sebuah dokumen yang berasal dari Edward Snowden mantan pekerja kontraktor Otoritas Keamanan Nasional AS membeberkan jika Selandia Baru telah memata-matai Indonesia secara elektronik dengan menyadap email, panggilan telepon, pesan di media sosial, dan media komunikasi lainnya.

Data yang berhasil dihimpun oleh mata-mata akan dibagikan kepada beberapa negara sekutu Selandia Baru, seperti Amerika Serikat, Australia, dan Inggris.

Selain memata-matai Indonesia, Selandia Baru rupanya juga memata-matai tetangganya di Pulau Pasifik, seperti Fiji, Samoa, Kepulauan Solomon, dan Polinesia Prancis.

2. Australia

Selain membeberkan Selandia Baru, dokumen tertanggal November 2009 yang dibawa oleh Edward Snowden juga mengungkapkan jika Australia juga melakukan pengintaian kepada Indonesia.

Australia diketahui melakukan pengintaian dengan menargetkan ponsel milik tokoh-tokoh penting di Indonesia, seperti mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Wakil Presiden Boediono, mantan ibu negara (alm) Ani Yudhoyono, serta beberapa menteri di zaman tersebut

Hal ini tentu membuat Indonesia geram dan membuat hubungan bilateral kedua negara tegang. Bahkan Marty Natalegawa yang saat itu menjadi Menteri Luar Negeri Indonesia/ mengancam akan melakukan peninjauan ulang terhadap proyek kerjasama tentang isu penting.

3. Inggris

Inggris kabarnya meletakkan agen mata-matanya di Singapura karena jaraknya yang cukup dekat dengan Indonesia. Para agen yang bertugas bertanggung jawab untuk melaporkan informasi terkait penguasaan ekonomi, keuangan, perbankan, perdagangan, dan sumber daya alam.

4. Amerika Serikat

Selanjutnya negara yang pernah mengintai Indonesia adalah Amerika Serikat. Negara Adidaya ini kabaranya mengintai Indonesia pertama kali saat mantan Presiden Indonesia pertama, Ir Soekarno, akan membuat senjata nuklir.

Amerika Serikat bahkan dikabarkan membangun pangkalan militer di Pulau Cocos dengan jarak sekitar 3.000 Km selatan Indonesia. Dengan pangkalan ini, Amerika Serikat bisa dengan mudah mengintai Indonesia dan beberapa negara lainnya di Asia Tenggara.

5. Malaysia

Hubungan Indonesia dan Malaysia memang naik turun, kadang akur namun kadang bertengkar. Salah satu sumber pertengkaran Indonesia dan Malaysia adalah karena pihak tetangga yang melakukan patroli udara di kawasan NKRI. Hal ini tentu membuat Indonesia terusik.

Demikian pembahasan mengenai 5 negara yang memata-matai Indonesia.

Baca Juga : Menteri Luar Negeri Jerman Minta Negara Eropa Tidak Menyerah Dukung Ukraina

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version