Site icon Arah Tujuan Negeri

Gempa Terkini BMKG: M5,2 Goncangkan Kupang dan Sebagian NTT

Arah Negeri – Gempa terkini menggoyang wilayah Kupang dan sekitarnya di Nusa Tenggara Timur pada malam ini, Minggu 20 November 2022. Data BMKG menyebut gempa berkekuatan M5,2 terjadi tepatnya pukul 20.49 WIB.

“Wilayah Pantai Selatan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, diguncang gempa tektonik,” kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis yang dibagikannya. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan pusat gempa berlokasi di laut, pada jarak 51 kilometer arah tenggara Kota Kupang, pada kedalaman 20 kilometer. Daryono menerangkan, gempa tergolong dangkal dan dipicu aktivitas tumbukan lempeng Australia dan Busur Banda. Tak ada tsunami.

Baca Juga : Tinjau lokasi terdampak gempa, Presiden pastikan pemerintah bantu rekonstruksi rumah warga

Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Rote pada skala II – III MMI. Pada skala itu getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan akan truk melintas.  

Puluhan warga mengungkap bisa merasakan gempa ini. Di antara mereka menulikannya di media sosial Twitter. “Beta pikir vertigo kumat. Eh ternyata benar gempa,” cuit pemilik akun Tito_Sekewani. Sebagian besar menyatakan gempa mengejutkan mereka.

Baca juga kejadian gempa sebelumnya: Gempa NTT, Polri Gelar Operasi Aman Nusa II

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version