Site icon Arah Tujuan Negeri

22 juta masyarakat sudah vaksin COVID-19 melalui Polri

Jakarta  –  Sejak Februari hingga September 2021, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah mendistribusikan 36.729.982 dosis vaksin, dan total 22.006.078 orang telah divaksinasi COVID-19.

“Polri dan TNI telah mendapat izin langsung dari Presiden Joko Widodo untuk mendukung rencana penanganan COVID-19, termasuk Rencana Vaksinasi Nasional. Polri-TNI tidak hanya membantu memastikan stok dan distribusi vaksin, Polri-TNI juga membantu melaksanakan kampanye vaksinasi,” kata Asisten Operasi (Asops) Inspektur Jenderal Polisi Jenderal Pol Imam Sugianto dalam keterangan persnya.

Bahwa kedatangan 1,8 juta dosis vaksin COVID-19 itu disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa. .

Imam menjelaskan, untuk mendukung kampanye vaksinasi, Polri telah mengerahkan 5.371 personel sebagai vaksinator dan memiliki 2.105 soket presisi. Presisi Gerai adalah booth vaksinasi COVID-19 yang didirikan Polri di setiap unit kepolisian, mulai dari tingkat Polsek, Polres hingga Polda.

Gerai Presisi merupakan gerai vaksinasi COVID-19 yang didirikan Polri di setiap satuan kepolisian mulai dari tingkat polsek, polres hingga polda.

Menurut Imam, pelaksanaan vaksinasi nasional yang didukung TNI-Polri telah memvaksin sekitar 73 juta warga negara Indonesia.

“Artinya sekitar 53 persen dari target atau sasaran vaksinasi berjumlah 208 juta penduduk untuk bisa membangun ‘herd immunity,” kata Imam.

Imam menambahkan, perlu diupayakan kerja keras lagi untuk bisa meningkatkan percepatan dan perluasan vaksinasi khususnya untuk kelompok umur lansia dan remaja.

Untuk melakukan itu, Polri dan TNI melakukan sejumlah program, serbuan vaksin, vaksinasi merdeka, dan vaksinasi ‘mobile’, dan bekerja sama dengan ‘stakeholders’ terkait seperti, universitas, pondok pesantren, tempat ibadah, dan komunitas.

“Selain vaksinasi, yang tidak boleh dilupakan adalah disiplin protokol kesehatan, dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan terutama memakai masker dan menjalani aturan PPKM yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata Imam.

Imam menambahkan, semua bisa dilaksanakan jika segenap bangsa Indonesia bersatu, berusaha dan berjuang bersama-sama bergotong royong dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Exit mobile version