Site icon Arah Tujuan Negeri

Pelantikan Panglima TNI: Agus Subiyanto Resmi Pimpin TNI

Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Presiden Joko Widodo telah melantik dan mengambil sumpah jabatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Upacara pelantikan ini diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 22 November 2023.

Agus Subiyanto diangkat menjadi Panglima TNI berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 102/TNI/Tahun 2023 mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditandatangani di Jakarta pada tanggal 22 November 2023.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sejujur-jujurnya demi pengabdian saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden saat mengucapkan sumpah jabatan.

“Demikian juga, saya berjanji bahwa dalam melaksanakan tugas jabatan, saya akan memegang teguh etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh tanggung jawab. Saya akan tetap menjunjung tinggi sumpah prajurit,” tambahnya.

Setelah sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan Panglima TNI. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertindak sebagai saksi.

Agus Subiyanto, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun. Agus menyatakan bahwa dia akan melanjutkan program dari Panglima TNI sebelumnya.

Sebagai panduan dalam menjalankan tugasnya, Agus Subiyanto akan mengacu pada visi misi PRIMA, yang merupakan singkatan dari profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif.

“Visi dan misi saya adalah TNI yang PRIMA, PRIMA yaitu profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif. Hal yang perlu ditekankan adalah profesionalitas, yang harus well trained atau dilatih dengan baik, well equipped atau dilengkapi dengan baik, dan tentunya well paid atau tunjangannya harus dinaikkan. Saya akan mengajukan peningkatan tersebut kepada KEMHAN,” ungkap Agus kepada media setelah acara pelantikan.

Berbagai tokoh dan pejabat negara turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, termasuk para kepala lembaga negara, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kepala staf angkatan, dan Panglima TNI sebelumnya, Laksamana Yudo Margono.

sumber : www.presidenri.go.id

Exit mobile version