Site icon Arah Tujuan Negeri

ASEAN akan Tingkatkan Pipa Gas Jaringan Listrik Antarnegara ASEAN

Jakarta, Arahnegeri.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menuturkan salah satu yang dibahas dalam acara “41st ASEAN Ministers’ Meeting on Energy and ASEAN Energy Business Forum” dan “ASEAN Energy Business Forum” di Bali adalah ketahanan energi berkelanjutan melalui interkonektivitas. Hal ini menjadi tantangan bagi negara-negara ASEAN.

Arifin mengatakan untuk mengatasi tantangan tersebut, pemerintah akan meningkatkan interkonektivitas energi dengan negara-negara ASEAN.

“Kami bakal meningkatkan interkonektivitas melalui pipa gas trans-ASEAN dan jaringan listrik ASEAN, serta komitmen antara pihak lainnya,” tuturnya di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, (Kamis 24/8/2023).

Menurut Arifin, platform-platform ini bakal mendukung jalur menuju keberlanjutan dan keamanan energi untuk pertumbuhan yang berkelanjutan di Asia Tenggara.

Arifin menyebut hal itu mendukung pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN. Dia menegaskan ASEAN mampu berperan sebagai epicenter pertumbuhan.

“Peran ASEAN sebagai epicenter pertumbuhan ditandai oleh 4,6 persen pertumbuhan ekonomi pada 2023 berdasarkan ADB (Asian Development Bank), dan juga permintaan energi yang tumbuh pada rata-rata 3 persen per tahun, seperti yang diproyeksi oleh IEA (International Energy Agency),” urai Arif.

Dalam sambutannya, Arifin juga menyinggung anggota keluarga baru di ASEAN, yakni Timor Leste.

“Sebagai anggota terbaru, Timor Leste diharapkan dapat mempelajari kemajuan dan implementasi kerja sama energi di ASEAN melalui program dan pertemuan terkait,” pintanya.

Dia berharap forum pertemuan ke-41 menteri-menteri ESDM di ASEAN ini bakal memberikan kontribusi investasi dan kemitraan dalam tiga pilar energi ASEAN. Yakni, keberlanjutan, keamanan, dan interkonektivitas.

“Kesuksesan kami dalam dua acara penting ini adalah pencapaian ASEAN Plan for Energy Cooperation Phase 2 (Rencana Kerja Sama Energi ASEAN Tahap 2) dan target emisi nol bersih,” tandasnya.

Baca Juga : Bupati Tanggerang Hadiri Pengukuhan Persatuan Pensiunan Indonesia

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version