Site icon Arah Tujuan Negeri

Ekonomi Jepang Berkembang Cepat 6% Jauh dari Prediksi

Jakarta, Arahnegeri.com – Pertumbuhan ekonomi Jepang pada kuartal II-2023, tumbuh 6% secara tahun ke tahun (year on year/yoy). Angka pertumbuhan ini disebut jauh dari prediksi para ekonom sebelumnya.

Angka pertumbuhan itu menunjukkan pemulihan bagi Jepang pasca melawan pandemi COVID-19. Sebelumnya, ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan ekonomi Jepang hanya tumbuh 3,1% pada kuartal April-Juni.

Dengan pertumbuhan yang jauh dari prediksi itu menumbuhkan optimisme jangka panjang bahwa ekonomi Jepang diyakini akan kuat.

“Ekonomi Jepang berkembang dengan kecepatan yang sangat cepat pada kuartal terakhir, tetapi kami memperkirakan pelambatan baru terjadi pada paruh kedua tahun ini,” tulis Marcel Thieliant, kepala Asia-Pasifik di Capital Economics, Selasa (14/8/2023).

Capaian pertumbuhan ekonomi Jepang saat ini didorong oleh sejumlah segmen terutama pada ekspor yang meningkat cukup signifikan. Ekspor rebound 3,2%, sebagain besar dikontribusikan oleh ekspor mobil. Namun, dalam waktu bersamaan impor Jepang turun 4,3%.

“Sebaliknya, hampir semua peningkatan output didorong oleh peningkatan 1,8% poin dari perdagangan bersih. Itu menandai kontribusi terbesar kedua dari perdagangan bersih dalam sejarah 28 tahun rangkaian PDB saat ini, dengan hanya bangkitnya kembali ekspor dari penguncian pertama di awal pandemi yang memberikan dorongan lebih besar.” lanjut Thieliant.

Saat sisi ekspor meningkat, tetapi belanja masyarakat menurun 0,5% Penurunan ini terjadi karena inflasi telah melampaui target Bank of Japan (BOJ) 2% selama 15 bulan berturut-turut.

Pada bulan Juli, bank sentral Jepang melonggarkan kendali kurva imbal hasil atas obligasi pemerintah Jepang bertenor 10 tahun dalam sebuah modifikasi yang katanya dimaksudkan untuk membuat posisi moneternya yang sangat longgar lebih berkelanjutan.

Baca Juga : Menko Perekonomian Ingatkan Peran Penting Kepala Daerah Dalam Pengawasan COVID-19

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version