Site icon Arah Tujuan Negeri

Bulan Juni Disebut Bulan Bung Karno? Simak Penjelasannya

Jakarta, Arahnegeri.com – Bung Karno atau Soekarno adalah Presiden Republik Indonesia yang pertama. Ia bersama Muhammad Hatta (Bung Hatta) berperan dalam penyusunan hingga pembacaan teks proklamasi yang menjadi tonggak sejarah kemerdekaan Indonesia.

Setiap tahun, negara Indonesia memperingati hari lahir Soekarno pada 6 Juni. Bahkan, bulan Juni disebut bulan Bung Karno. Mengapa demikian? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Dilansir situs Kemdikbud, Bung Karno atau Soekarno atau Ir. Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur pada 6 Juni 1901. Ia juga mendapat julukan “Putra Sang Fajar” karena lahir saat matahari terbit.

Juni disebut sebagai Bulan Bung Karno karena memuat beberapa tanggal penting bagi Soekarno, mulai dari tanggal kelahiran, tanggal wafat, hingga lahirnya Pancasila yang diprakarsai oleh Soekarno. Berikut daftar tanggal penting Ir. Soekarno di bulan Juni.

  • 1 Juni: Hari lahir Pancasila
  • 6 Juni: Hari lahir Soekarno
  • 21 Juni: Hari wafat Soekarno.

Sejarah 1 Juni: Hari Lahir Pancasila

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Lahirnya Pancasila berhubungan dengan BPUPKI yang dibentuk pada 29 April 1945. BPUPKI mengadakan sidang pertaman pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945.

Dalam sidang tersebut, sejumlah tokoh menyampaikan pidatonya terkait perumusan asas dasar negara, di antaranya Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Pada 1 Juni, Soekarno memperkenalkan 5 sila yang terdiri dari Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Kemudian, 5 sila itu dikenal dengan nama Pancasila. Hingga kini, Pancasila menjadi pedoman sekaligus dasar negara Indonesia.

Sejarah 6 Juni: Hari Lahir Soekarno

Soekarno lahir dari pasangan Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Soekarno lahir pada 6 Juni 1901. Ada versi yang mengatakan Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur. Namun, ada pula yang mengatakan jika Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur.

Soekarno mengemyam pendidikan di HBS (Hogere Burger School). Setelah lulus dari HBS pada tahun 1920, beliau pindah ke Bandung dan melanjut ke THS (Technische Hoogeschool) atau sekolah Teknik Tinggi yang sekarang disebut sebagai Institut Teknologi Bandung. Soekarno berhasil meraih gelar insinyur pada 25 Mei 1926.

Sejarah 21 Juni: Soekarno Wafat

Soekarno berperan penting dalam Kemerdekaan Indonesia. Bersama Muhammad Hatta, Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia juga yang mencetuskan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Soekarno meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto pada tanggal 21 Juni 1970. Ia dimakamkan di Blitar.

Demikian jawaban untuk pertanyaan mengapa Juni disebut bulan Bung Karno. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Yuk Simak Harga dan Cara Beli Tiket Festival Lampion Waisak 2023 di Borobudur!

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com. Untuk kerjasama lainnya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version