Site icon Arah Tujuan Negeri

Kisah Perjalanan Pendidikan Erick Thohir

Arah Negeri – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menceritakan kisahnya yang disekolahkan di tempat yang berbeda, mulai dari sekolah katolik, sekolah negeri, sampai berkuliah di luar negeri.

“Bapak saya, almarhum Haji Muhammad Thohir dan Ibu saya menyekolahkan saya SD-SMP di sekolah katolik swasta. Lalu, beliau juga menyekolahkan saya di sekolah negeri, SMA 3 (SMAN 3 Jakarta). Lalu, saya dikirim oleh beliau ke luar negeri untuk belajar,” tutur Erick dalam acara Perayaan Natal bersama Kementerian BUMN dan BUMN di Ice BSD, Tangerang, yang juga disiarkan via YouTube, Sabtu, 14 Januari 2023.

Erick menceritakan, dia suka bertanya kepada almarhum bapaknya mengapa sekolahnya sangat berbeda antara satu dan lainnya. 

“Beliau menyampaikan: karena saya mau anak saya mulai dari kecil belajar apa itu Indonesia,” tuturnya mengenang jawaban orangtuanya.

BACA JUGA : Erick Thohir: Nggak Ada Chip di Vaksin Corona

Ia kemudian mengatakan di sekolah-sekolah tersebut, dia belajar menjadi manusia Indonesia seutuhnya.

“Saya harus beradaptasi dari sebuah sekolah swasta katolik langsung ke sekolah negeri yang berbeda kulturnya. Dari sekolah negeri saya dikirim ke luar negeri, beda lagi kulturnya,” kata Erick. 

Itulah, kata dia, yang dirasakannya saat diberi kesempatan memimpin BUMN. Dia selalu menyampaikan, kalau hendak sukses mentransformasikan BUMN, yang paling penting adalah mentransformasi kultur dan akhlaknya.  

“Tidak mungkin transformasi terjadi kalau tidak terjadi transformasi daripada manusianya,” tuturnya.

BACA JUGA : Erick Thohir: Presiden FIFA dan IOC Akan Datang di Puncak KTT G20 Bali

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email atau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version