Site icon Arah Tujuan Negeri

Analis Ini Yakin Pasar Keuangan RI Aman dari Resesi Global, Alasannya?

Arah Negeri – Direktur dan Analis PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Ascustombi memprediksi meski ada ancaman resesi global pada 2023, pasar keuangan Indonesia tetap aman. “Masih aman, masih aman (sampai tahun depan),” katanya melalui telepon, Minggu, 16 Oktober 2022.

Ia menilai krisis 2020-2022 berbeda dengan krisis 1998, dan menurutnya fundamental Indonesia masih belum kuat pada masa reformasi karena 75% obligasinya dijual di pasar, sehingga dimiliki asing.

Di sisi lain, pada tahun 1998, Indonesia masih meletakkan dasar, seperti menanam komoditas baru seperti kelapa sawit atau minyak sawit mentah. Sementara komoditas Anda saat ini dimiliki oleh pemerintah, salah satunya batu bara yang harganya meroket.

Komoditas hilir seperti proyek peleburan timah dan nikel juga sedang berjalan, kata Ibrahim. Apalagi, pemerintah sudah memegang saham PT Freeport.

Ibrahim mengatakan hilirisasi komoditas juga sedang dilakukan, seperti proyek smelter timah dan nikel. Selain itu, pemerintah sudah menggenggam saham PT Freeport.

“Jadi kalau seandainya terkoreksipun indeks harga gabungan atau IHSG mungkin hanya di 6.800 itu masih level tertinggi dibandingkan dengan saham-saham Eropa maupun Amerika,” ucap Ibrahim

Ibrahim juga menjelaskan bahwa saat ini pemerintah juga sedang fokus meningkatkan konsumsi masyarakat. Karena 50 persen pertumbuhan ekonomi itu berasal dari belanja rumah tangga..

Dia mengatakan anggaran program pemulihan ekonomi nasional (PEN) penanganan pendemi Covid-19 juga kemungkinan akan dialihkan ke bantuan sosial alias bansos atau bantuan langsung tunai (BLT), dan subsidi lainnya. Tujuannya untuk membantu masyarakat kembali aktif, kemudian konsumsimnya meningkat.

“Jadi ini yang cukup menarik, sampai saat ini pemerintah berfokus pada dua item pertama komoditas, kedua konsumsi masyarakat, ini yang sedang digodok pemerintah, yang akan menguatkan pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga kemungkinan masih cukup bagus.” tutur Ibrahim.

Baca Juga : Hilirisasi Mineral Cukup Berhasil Namun Serapan di Dalam Negeri Masih Minim

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com Untuk kerjasama lainya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version