Site icon Arah Tujuan Negeri

Bertemu Dubes Jepang, Menhub Ingin Mempercepat Kerja Sama Proyek Proving Ground

Arah Negeri – Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi bertemu dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji. Dalam pertemuan itu, ia meminta percepatan realisasi Perjanjian Kerjasama (PKS) yang dilaksanakan oleh konsorsium pemenang Proving Ground Project, Balai Uji Kesesuaian Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) yang berbasis di Bekasi.

Menurut Budi Karya, sesuai kesepakatan, finalisasi PKS harus dilakukan setelah terpilihnya konsorsium pemenang proyek pembangunan Proving Ground. “Kami mendorong segala syarat dan ketentuan dapat dipenuhi oleh konsorsium secepat mungkin,” ujar dia lewat keterangan tertulis pada Senin, 3 Oktober 2022.

Proyek pembangunan proving ground ini dilaksanakan dengan skema Kemitraan Pemerintah dan Badan Usaha (KPS) dan melalui beberapa tahapan untuk menentukan pemenang proyek. Pada 22 Agustus 2022, pemenang proyek diumumkan, Konsorsium Indonesian International Automotive Proving Ground (IIAPG).

Saat ini, Kementerian Perhubungan dan konsorsium sedang mengerjakan draft PKS untuk ditandatangani. Lingkup kerja sama meliputi rancang bangun pengujian dan fasilitas pendukung, pengadaan peralatan pengujian dan fasilitas pendukung, pemeliharaan fasilitas, peningkatan kapasitas atau pelatihan, dan lain-lain.

“Manfaat lainnya meningkatkan kualitas kendaraan yang memenuhi aspek keselamatan dan kelestarian lingkungan. Serta menyelaraskan persyaratan teknis dan meningkatkan ekspor produk otomotif antar negara,” ungkap Budi Karya.

Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji mengatakan, pihaknya berkomitmen mendukung terlaksananya proyek Proving Ground. “Karena proyek ini merupakan salah satu proyek prioritas yang dikerjasamakan antar kedua negara,” tutur nya usai bertemu dengan Budi Karya.

Baca Juga : Menhub Ajak TNI-Polri Gencarkan Vaksinasi di Simpul Transportasi

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari arahnegeri.com Untuk kerjasama lainya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version