Site icon Arah Tujuan Negeri

Pembangunan IKN Telah Dimulai!

Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres)

ArahNegeri.comPresiden Joko Widodo mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah resmi dimulai.

Pembangunan ibu kota baru ditandai dengan sejumlah proyek infrastruktur, kata Jokowi. Salah satunya adalah pembangunan Bendungan Sepaku Semoi.

“Keberadaan bendungan ini menandakan pembangunan infrastruktur sudah dimulai. Bulan Juli, pembangunan jalan utama Tol Balikpapan juga akan dimulai,” kata Jokowi di IKN Nusantara, mengutip keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Rabu. (22/6).

Bendungan ini ditargetkan selesai pada Desember 2023. Namun, Jokowi memerintahkan pembangunan bendungan itu selesai paling lambat Februari tahun depan.

Bendungan Sepaku Semoi akan memenuhi kebutuhan air 1,5 juta orang, katanya. Jokowi mengatakan air dari bendungan itu bisa diminum.

“Air yang dibagikan sudah siap minum,” kata Jokowi.

“Kalau [airnya] tidak langsung bisa diminum, maka [ibu kota] yang kita pindahkan itu percuma,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Sebelumnya, Jokowi mengumumkan rencana untuk memindahkan ibu kota tak lama setelah memenangkan pemilihan presiden 2019, dengan mengatakan langkah itu untuk pembangunan yang adil.

Rencana tersebut telah disetujui DPR melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Pemindahan itu akan dilakukan secara bertahap pada 2022-2045.

Baca Juga : Pembangunan IKN Tahap Pertama: Perkotaan, Infrastruktur dan Ekonomi

Exit mobile version