Site icon Arah Tujuan Negeri

Vaksinasi Covid-19 Door-to-Door Mulai Digelar di Cilacap

Untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, aparat TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan setempat mengejar target serbuan vaksinasi Covid-19 dengan cara door to door (dari rumah ke rumah).

Program vaksinasi di Cilacap untuk mengejar target 70 persen herd immunity masyarakat, Pemkab Cilacap melaksanakan vaksinasi door to door.

Ini merupakan bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat dalam upaya mempermudah masyarakat yang ingin divaksin.

Seperti di Kecamatan Sidareja, anggota Koramil 11 Sidareja, Polsek Sidareja, Satpol PP, dan Puskesmas Kecamatan Cipari, melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan cara door to door atau mendatangi dari rumah ke rumah warga di sekitar kompleks pertokoan di Pasar Cipari, Senin (13/12/2021).

Pelda Sugita dari Koramil 11 Sidareja mengatakan, program ini serentak dilakukan pada beberapa minggu terakhir, dan hari ini bersama aparat Kepolisian, Satpol PP, dan tenaga kesehatan Puskesmas setempat keliling menyasar warga yang belum divaksin.

“(Vaksinasi) ini dilaksanakan serentak dan sudah dilakukan beberapa hari lalu. Banyak warga yang belum divaksin karena kesibukan. Untuk itu kami datang langsung agar vaksinasi ini dapat menyeluruh di masyarakat,” kata Sugita.

Sunarto, salah satu pedagang di Pasar Cipari yang mendapat vaksin mengapresiasi bahwa vaksinasi door to door ini langsung dilakukan oleh TNI, Polri, Satpol PP, dan tenaga kesehatan.

“Kami mengapresiasi vaksinasi secara door to door ini, karena petugas datang langsung memberikan vaksin kepada kita, khususnya yang belum divaksin,” ujarnya.

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Kecamatan Majenang, persisnya di Pasar Induk Majenang.

Vaksinasi ini menyasar 300 orang, sementara di Dusun Jakatawa, Desa Bulaksari, Kecamatan Bantarsari menyasar 130 orang.

Vaksinasi ini didampingi Babinsa Bulaksari Serka Sodirin, Kanit Intelkam Polsek Bantarsari Aiptu Noto, Kasium Polsek Bantarsari Aipda Fauzi, dan tim vaksinator dari Puskesmas Bantarsari.

Program yang dilaksanakan Pemkab Cilacap ini, selain untuk mempercepat vaksinasi hingga mencapai 70 persen herd immunity.

Vaksinasi Covid-19 ini sangat membantu warga Kabupaten Cilacap yang tidak bisa keluar rumah atau para pedagang yang enggan meninggalkan tempat dagangannya.

Exit mobile version