Site icon Arah Tujuan Negeri

DPR Desak Pemerintah Percepat Distribusi Vaksin Covid-19 hingga ke Pedalaman

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mendesak pemerintah untuk langsung mempercepat distribusi vaksin Covid-19. Mengingat, Gus Muhaimin, sapaan akrabnya, mendengar masih banyak penduduk yang belum divaksinasi akibat ada keterbatasan suplai vaksin ke beraneka penjuru tempat Indonesia.

“Padahal, aku udah cek segera ke Biofarma bahwa memang stok vaksin tersedia. Ini perlu menjadi atensi bagaimana agar distribusi vaksin ke daerah dapat lebih dipercepat lagi sehingga seluruh masyarakat bisa divaksin,” ujar Gus Muhaimin dalam rilis yang di terima Parlementaria, Kamis (29/7/2021).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengutamakan supaya vaksin didistribusikan hingga ke kampung-kampung dan wilayah pedalaman yang belum tersentuh vaksinasi. Gus Muhaimin mengingatkan, berdasarkan konstitusi, pemerintah perlu merawat seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

“Saya minta agar vaksinasi tetap dimasifkan dan dipercepat pengirimannya ke area bersama dengan menyasar semua lapisan masyarakat. Termasuk, yang di kampung-kampung sebab masalah Covid-19 juga lumayan banyak berjalan di kampung-kampung,” tandas Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu.

Gus Muhaimin menegaskan, syarat ikuti vaksinasi mesti disederhanakan supaya memudahkan penduduk kebiasaan dan kelompok rentan membuka vaksin. Sebab tidak sedikit masyarakat adat, grup disabilitas, anak-anak di panti asuhan, lansia, dan tunawisma yang tidak memiliki nomer induk kependudukan (NIK).

“Petugas di lapangan wajib mengerti kondisi masyarakat. Jika ada kasus-kasus layaknya itu jangan kemudian penduduk tidak mampu beroleh hak untuk sehat, hak untuk terlindungi berasal dari potensi tertular dan apalagi menjadi korban Covid-19,” pungkas legislator dapil Jawa Timur VIII itu. Seperti diberitakan, pemerintah tercatat mengamankan 440 juta dosis vaksin Covid-19 hingga akhir 2021.

Exit mobile version