Site icon Arah Tujuan Negeri

Kendalikan Covid-19, Korlantas Polri Lakukan Pengetatan Kendaraan

Suara.com – Korps Lalu Lintas Polri melakukan pengetatan untuk pengendalian Covid-19 sesuai Instruksi Mendagri Nomor 12 Tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Korlantas, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Istiono pada Kamis (3/6/2021) menyatakan bahwa penyekatan mudik Lebaran 2021 berhasil menekan angka penyebaran virus Corona.

Dan meski penyekatan mudik melalui Operasi Ketupat telah usai, Kepolisian tetap melakukan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Yaitu selaras Instruksi Mendagri Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro hingga 14 Juni, dengan melakukan pengetatan di sejumlah tempat.

“Polri pada hari libur dan hari libur Nasional tetap melakukan kegiatan pengetatan di area kerumunan, terutama di zona merah dan zona oranye. Dan tentunya di tempat konsentrasi wisata, ekonomi, moda transportasi, kemudian di tempat kegiatan masyarakat lainnya,” jelas Irjen Pol Istiono.

Baca Juga:
Petakan Lokasi, Korlantas Polri Sebut Tilang Elektronik Tahap II Segera Launching

Swab Antigen.
Swab Antigen kepada pengguna jalan raya. Sebagai ilustrasi [ANTARA].

Kemudian, pihak Kepolisian juga mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas, yang bertugas dari pintu ke pintu menemui masyarakat. Para petugas yang diatur oleh masing-masing Polda ini akan mensosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat.

“Polri juga melaksanakan akselerasi vaksinasi guna mempercepat herd immunity, baik dari Satgas Covid-19 TNI, Polri, Pemda, juga melakukan sosialisasi secara aktif dan masif untuk merasionalisasikan masyarakat supaya mau dan optimal untuk dilakukan vaksinasi,” lanjutnya.

Sejumlah inovasi upaya pencegahan Covid-19 juga dilakukan, di antaranya pengerahan mobil-mobil milik Polri dari Brimob hingga Sabhara untuk kegiatan penyemprotan disinfektan ke masyarakat secara gratis.

“Kemudian SIM keliling, mobil Dikmas Lantas, mobil PJR, juga digunakan sebagai unit kegiatan mobilitas proaktif untuk tes random antigen,” ujar Irjen Pol Istiono.

Kemudian, mobil-mobil Biddokkes dan tenaga kesehatan juga ikut dikerahkan secara optimal serta sumber daya manusia Polri dilatih menjadi tenaga kesehatan untuk mengoptimalkan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

Baca Juga:
Rolls-Royce Motor Cars Perkenalkan Anders Warming, Direktur Desain yang Baru

Berikutnya, pihak Kepolisian memasang stiker-stiker di rumah warga yang telah melakukan swab antigen.

Dia menegaskan Polri akan mengerahkan segala sarana dan prasarana yang ada dalam pencegahan Covid-19, termasuk dengan tetap melakukan pengetatan dan pemantauan di jalur-jalur dari Sumatera menuju Pulau Jawa.

Exit mobile version