Site icon Arah Tujuan Negeri

DPR RI Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Lumajang

Lumajang – Anggota Komisi I DPR RI Syaiful Bahri Anshori dalam Masa Reses ke-4 Tahun 2021-2022, secara khusus meninjau serta memberikan bantuan pada korban bencana gempa yang menghantam Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Diketahui, kondisi wilayah tersebut mengalami kerusakan terparah dan mengakibatkan warga sangat membutuhkan bantuan sembako maupun perbaikan rumah mereka.

“Apa yang saya lakukan ini adalah kewajiban saya sebagai wakil rakyat bagi masyarakat di wilayah Lumajang,” kata Syaiful, saat mengunjungi langsung wilayah terdampak bencana di Lumajang, Sabtu (17/4/2021). Ia menyerahkan ratusan sembako untuk membantu kebutuhan warga pasca bencana gempa bumi, yang menimpa beberapa rumah dan bangunan di beberapa kecamatan di Lumajang.

Kendati demikian, Anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyampaikan, apa yang dilakukannya itu memang tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan, mengingat banyaknya bangunan yang membutuhkan bantuan. “Tapi paling tidak, bantuan ini bisa sedikit meringankan korban gempa kemarin,” jelasnya.

Mengenai proses penyalurannya, wakil rakyat dari dapil Jawa Timur IV yang meliputi Kabupaten lumajang dan Kabupaten Jember itu menambahkan bantuan akan disalurkan melalui pasukan infantri dari Kodim 0821/Lumajang, agar bisa segera di distribusikan kepada warga terdampak bencana.

Syaiful merasa prihatin dengan peristiwa tersebut. Apalagi, peristiwa tersebut terjadi bertepatan dengan bulan Ramadan.  Ia meminta Pemkab Lumajang bisa melakukan evakuasi terhadap warganya yang tinggal di sekitar tebing. Mengingat di wilayah tersebut merupakan daerah pegunungan yang rawan terjadi tanah longsor, apabila terjadi gempa susulan.

Di akhir kunjungannya, Syaiful berharap bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera direalisasikan untuk memberikan bantuan khusus guna merehabilitasi bangunan dan fasilitas umum yang terdampak di wilayah tersebut.

Sementara itu, Dandim 0821/Lumajang, Letkol Inf Andi A. Wibowo selaku kepala koordinasi kebencanaan gempa bumi wilayah Lumajang, mengapresiasi bantuan Syaiful. Menurutnya, kebutuhan warga terdampak bencana sangat di butuhkan saat ini.  Letkol Inf Andi menjelaskan alur distribusi bantuan yang akan di lakukan dalam membantu warga terdampak gempa bumi, mulai dari kawasan Kecamatan Tempursari, Pasirian, Pasrujambe Lumajang dan sejumlah kecamatan lain.

Letkol Inf Andi menambahkan, saat ini Jajaran TNI telah mendirikan Posko darurat bencana gempa di Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Lumajang. Diketahui, gempa berkekuatan 6,1 magnitudo ini mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Sebanyak 3.748 unit bangunan rusak, 1.600 di antaranya rusak ringan, 1.130 rusak sedang, dan 1.018 rumah rusak berat. (ann/sf)

Exit mobile version