Site icon Arah Tujuan Negeri

Bupati Anas Cek Kesiapan Vaksinasi COVID-19

Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengecek kesiapan pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Salah satunya mengecek kesiapan tempat dropping vaksin di Kantor Dinas Kesehatan Banyuwangi.

Pemkab Banyuwangi melakukan sejumlah persiapan program vaksinasi COVID-19 seiring pendistribusian vaksin yang mulai dilakukan oleh pemerintah pusat. Mulai dari melakukan verifikasi data calon penerima vaksin hingga menyiapkan sarana prasarana pendukung program vaksinasi.

“Saya tadi rapat koordinasi dengan dengan Dinas Kesehatan untuk mengetahui sejauh mana progress persiapan pelaksanaan vaksinasi di Banyuwangi. Bagaimana pendataan sasarannya, hingga peralatan pendukung untuk vaksinasi nanti. Kamar vaccine room, cold chain, maupun anggaran pendukung kami ingin pastikan siap,” kata Anas kepada detikcom, Jumat (8/1/2021).

“Saya kira, jajaran tenaga kesehatan sudah siap melakukan vaksinasi bila sewaktu-waktu pemerintah pusat memerintahkan. Semoga semua nanti berjalan lancar,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Anas juga meminta agar Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai menggagas upaya preventif meningkatkan imunitas tubuh menjadi program daerah yang bisa diimplementasikan ke seluruh warga.

“Dunia saat ini mengalami kejadian luar biasa dengan adanya pandemi. Upaya-upaya preventif yang solutif dengan penguatan imunitas warga. Jadi meskipun sudah ada vaksinasi, tetap kita harus perkuat imunitas warga,” kata Anas.

“Targetnya ke depan adalah bagaimanan kita meningkatkan imunitas warga. Dinkes jadi lokomotifnya. Kita butuh strategi baru bagaimana masyarakat bisa melakukan pola hidup yang bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya ke depan,” imbuh Anas.

Exit mobile version