Site icon Arah Tujuan Negeri

Desakan Dewan Agar Temuan Komnas HAM soal Laskar FPI Naik ke Meja Hijau

Jakarta

Komnas HAM menyimpulkan tewasnya 4 orang laskar FPI merupakan pelanggaran HAM. Sejumlah kalangan meminta kasus ini lanjut ke ranah pidana.

Awalnya, Komnas HAM menjelaskan bukti-bukti yang mereka peroleh mulai dari temuan di lapangan, voice note, hingga screenshot CCTV. Komnas HAM juga telah memeriksa polisi, keluarga korban, pihak FPI, hingga saksi di lokasi. Komnas HAM memanggil pula sejumlah ahli.

Komnas HAM mengungkapkan ada peristiwa pembuntutan terhadap Habib Rizieq oleh polisi pada saat itu. Dalam proses itu, ada 6 orang laskar FPI yang tewas dalam 2 konteks.

Konteks yang pertama terjadi di Jalan Internasional Karawang hingga diduga mencapai Km 48 Tol Cikampek. Dua orang laskar FPI tewas dalam momen peristiwa ini.

Konteks peristiwa yang kedua terjadi setelah Km 50 Tol Cikampek. Sebanyak 4 orang laskar FPI yang masih hidup dibawa oleh polisi dan kemudian ditemukan tewas.

“Sedangkan terkait peristiwa Km 50 ke atas, terdapat 4 orang yang masih hidup dalam penguasaan petugas resmi negara yang kemudian ditemukan tewas sehingga peristiwa tersebut merupakan bentuk pelanggaran HAM,” kata Choirul Anam.

Investigasi Komnas HAM kemudian menuai sorotan kalangan anggota DPR maupun LSM. Mereka meminta agar kasus ini dilanjutkan ke pengadilan.

Berikut suara Dewan dan LSM:

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Exit mobile version