Site icon Arah Tujuan Negeri

Selain Jokowi, Ini 3 Kelompok Besar yang Akan Disuntik Perdana Vaksin COVID

Jakarta

Vaksinasi Corona di Indonesia bakal segera dilakukan. Selain Presiden Jokowi, ada tiga kelompok besar yang akan divaksinasi pertama kali.

“Akan ada 3 kelompok besar yang akan menerima penyuntikan vaksin perdana yaitu kelompok satu adalah pejabat publik Pusat dan Daerah, kelompok 2 yaitu pengurus asosiasi profesi tenaga kesehatan dan pimpinan kunci dari institusi kesehatan di daerah, dan kelompok 3 yaitu tokoh agama di daerah,” ujar Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam tayangan yang disiarkan langsung, Kamis (7/1/2021).

Pernyataan Wiku itu menjawab pertanyaan awak media soal siapa saja yang bakal divaksinasi bersama Presiden Jokowi di tanggal yang sama. Untuk diketahui, Jokowi akan disuntik vaksin Corona pada 13 Januari mendatang. Jokowi akan divaksinasi COVID-19 dari Sinovac.

Rencananya, saat Jokowi divaksinasi COVID-19, akan disiarkan secara langsung. Setelah itu, vaksinasi COVID-19 dilangsungkan serentak di 34 provinsi di Indonesia.

Wiku mengatakan penyuntikan vaksin ke pejabat publik ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam menyediakan vaksin yang aman dan berkualitas. Untuk itu mengajak masyarakat tak ragu untuk divaksinasi.

“Selanjutnya akan diteruskan pelaksanaannya secara menyeluruh kepada masyarakat secara bertahap,” kata Wiku.

Wiku juga menerangkan soal prioritas vaksin terhadap lansia. Dia mengatakan pemerintah menjamin hak kesehatan seluruh golongan masyarakat dengan memperhatikan kesesuaian jenis vaksin.

“Penambahan populasi penerima vaksin gratis oleh pemerintah merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin hak kesehatan kepada seluruh golongan masyarakat secara menyeluruh demi mencapai kekebalan komunitas dengan tetap memperhatikan kesesuaian antara jenis vaksin dan target sasaran untuk meminimalisir efek samping yang tak diinginkan,” katanya.

(idn/knv)

Exit mobile version