Site icon Arah Tujuan Negeri

OB-Sekuriti Kerja di Fasilitas Kesehatan Bandung Juga Divaksin

Bandung

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan penerimaan vaksin Corona atau COVID-19 tahap pertama akan diberikan dulu kepada tenaga kesehatan (nakes). Ema memastikan nakes yang dimaksud bukan hanya perawat dan dokter, melainkan seluruh sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di setiap fasilitas kesehatan di Kota Bandung.

“Prioritas tak hanya nakes tapi orang yang bekerja di fasilitas kesehatan. Kalau di puskesmas ada office boy (OB) mereka jadi bagian, ada sekuriti mereka juga jadi bagian selama mereka bekerja di fasilitas kesehatan, jadi bukan hanya perawat dan dokter,” kata Ema di Balai Kota Bandung, Rabu (6/1/2021).

“Pegawai yang beraktivitas di lingkungan kesehatan,” ucap Ema menegaskan.

Selain itu, Ema menyebut, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan vaksinator untuk melakukan vaksinasi yang akan berlangsung pada 14 Januari 2021. “Tenaga kesehatan sedang disiapkan, sedang dilatih oleh pemerintah pusat melalui zoom untuk vaksinator. Vaksinator sedang dilakukan pelatihan,” kata Ema.

Pada tahap awal vaksinasi, Pemkot Bandung akan menerima sekitar 45 ribu dosis vaksin Corona. Meski vaksinisasi secara nasional akan dilakukan serentak pada 14 Januari, Ema belum mendapatkan arahan waktu pastinya.

Kickoff-nya kan 14 Januari, apakah Bandung jadi bagian yang turut serta dalam kickoff, ya harus kita siapkan. Kita juga mau rapat dulu dengan provinsi,” tuturnya.

Ia memastikan saat proses vaksinasi itu tidak akan mengganggu proses pelayanan kesehatan. “Tempatnya ada di 180 fasilitas kesehatan, 80 puskesmas, 36 rumah sakit dan sisanya di klinik,” ujar Ema.

(wip/bbn)

Exit mobile version