Site icon Arah Tujuan Negeri

Ini Kriteria 31.255 Nakes di Jateng yang Dapat Vaksin Corona Tahap I

Semarang

Para tenaga kesehatan (nakes) di Jawa Tengah bakal diprioritaskan mendapat vaksin virus Corona atau COVID-19. Dari total 177.784 nakes di Jateng, akan ada 31.255 nakes yang divaksi pada tahap pertama ini. Lalu bagaimana kriteria nakes yang dipilih pada tahap pertama ini?

“Nakes yang dapat kriterianya umur 18-59 tahun, tidak menderita komorbid, tidak pernah positif COVID, bukan ibu hamil, bukan ibu menyusui,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai rapat penanganan COVID-19 di kantornya, Semarang, Rabu (6/1/2021).

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo menyebut nakes yang mendapatkan prioritas pada tahap pertama ini yang menangani pasien COVID-19 langsung. Di antaranya dokter di ICU, sopir ambulans, hingga penggali kubur jenazah pasien Corona.

“Kami mengusulkan nakes yang merawat dan menangani COVID secara langsung, itu yang diproritas. Misal dokter di ICU yang rawat COVID, di ruang isolasi, itu yang jadi pertama,” jelas Yulianto.

“Nakes definisi tidak mesti dokter dan perawat. Bisa juga driver (ambulans), administrasi, penggali kubur bisa,” sambungnya.

Yulianto mengatakan para nakes yang akan mendapat vaksin COVID-19 akan mendapatkan SMS pemberitahuan. Kemudian nakes itu akan diminta untuk registrasi dan diarahkan ke fasilitas kesehatan (faskes) yang telah ditunjuk.

“SMS blast kan baru pemberitahuan setelah itu yang bersangkutan registrasi sekaligus mengisi self screening, masuk sistem diolah, setelah OK tidak ada halangan maka dapat pemberitahuan lanjut, faskes di mana, jam berapa. Nanti baru pelaksanaan, itu di sana screening lagi 4 meja,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 62.560 dosis vaksin COVID-19 Sinovac sudah tiba di Jateng. Masing-masing nakes akan mendapat dua kali vaksin COVID-19.

(ams/sip)

Exit mobile version