Site icon Arah Tujuan Negeri

10 Fakta Pemanggilan Anies Usai Habib Rizieq Bikin Kerumunan

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil kepolisian terkait acara pernikahan dan Maulid Nabi yang digelar akhir pekan lalu. Anies pun siap memberikan klarifikasi. Apa kata Anies?

Pemanggilan terhadap Anies awalnya disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Jakarta, pada Senin (16/11/2020).

Argo mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil sejumlah pihak, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buntut acara Habib Rizieq Syihab.

Pemanggilan Anies dan sejumlah pihak ini untuk mengklarifikasi dugaan tindak pidana UU Kekarantinaan Kesehatan.

Berikut 10 fakta pemanggilan Anies usai Habib Rizieq bikin kerumunan:

Surat Panggilan ke Anies Dilayangkan

Argo mengatakan surat klarifikasi telah dilayangkan kepada Anies dan sejumlah pihak.

“Jadi penyidik sudah mengirimkan surat klarifikasi kepada anggota Bimas yang bertugas protokol kesehatan kepada RT, kepada RW, kepada satpam maupun linmas dan kemudian lurah, camat dan Wali Kota Jakarta Pusat kemudian dari KUA, dari Satgas COVID-19, biro hukum DKI dan Gubernur DKI, biro hukum…,” sebut dia.

“Dan kemudian beberapa tamu yang hadir,” jelas Argo.

Argo menegaskan klarifikasi ini terkait dugaan tindak pidana pelanggaran pasal UU Kekarantinaan Kesehatan.

“Dan ini rencana akan kita lakukan klarifikasi dengan dugaan tindak pidana pasal 95 UU RI Nomor 6 tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan,” ucap Argo.

“Pasal 93,” sebut Argo mengklarifikasi pasal yang dimaksud.

Selain itu, Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat menyampaikan pihaknya sudah melayangkan surat panggilan kepada Anies.

Anies akan dimintai klarifikasi pada Selasa (17/11) pukul 10.00 WIB di Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Polisi Minta Klarifikasi Anies soal Kerumunan Massa HRS

Polda Metro Jaya telah melayangkan surat panggilan kepada Anies. Anies akan dimintai keterangan seputar kerumunan massa di acara Habib Rizieq pada Selasa 17 November 2020.

“Iya kita klarfikasi untuk kegiatan yang sudah dilakukan ini. Kita klarifikasi aja untuk status sebenarnya,” kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat dihubungi wartawan, Senin (16/11/2020).

Selain Anies, Tubagus menyebut ada beberapa tokoh lainnya yang akan dipanggil. Tapi dia tidak merinci siapa saja orang-orang itu.

Anies Penuhi Panggilan Polisi

Anies memenuhi undangan Polda Metro Jaya untuk klarifikasi soal kerumunan di acara Habib Rizieq.

Anies mengatakan sebagai warga negara ia datang memenuhi panggilan polisi tersebut.

Pantauan detikcom di Polda Metro Jaya, Anies yang mengenakan aeragam warna coklat tiba pukul 09.40 WIB.

Anies menerima surat undangan klarifikasi dari Polda Metro Jaya pada Senin (16/11) kemarin.

“Saya menerima undangan klarifikasi tertanggal 15 November 2020 yang saya terima kemarin, 16 November sampai di kantor pukul 14.00 WIB siang mengundang saya untuk memberikan klarifikasi pada tanggal 17 (November) jam 10.00 WIB,” kata Anies di Polda Metro Jaya, Selasa (17/11/2020).

“Jadi hari ini saya datang sebagai warga negara untuk memenuhi undangan dari Polda. Itu aja,” imbuhnya.

Ini Alasan Polisi Klarifikasi Anies Cs

Klarifikasi ini dilakukan terhadap Anies ini guna untuk menentukan ada-tidaknya tindak pidana atas kerumunan itu.

“Jadi tahapannya saat ini adalah penyelidikan, penyelidikan itu untuk menjawab satu hal ada atau tidak ada pidana. Saat ini dalam waktu dua tiga hari ke depan ini adalah lidik, makanya sifatnya undangan klarifikasi, klarifikasi untuk menentukan ada atau tidak adanya pidana,” kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (17/11/2020).

Tubagus membuka adanya kemungkinan untuk pemanggilan pihak lainnya dalam kasus kerumunan ini. Dia menyebut hasil akan ditentukan oleh penyelidikan.

“Jadi apakah nanti akan dipanggil yang bersangkutan dan lain sebagainya? Sangat memungkinkan tergantung dari hasil penyelidikan,” tuturnya.

Setelah mendengarkan klarifikasi dari Anies, Tubagus mengatakan pihaknya akan melakukan gelar perkara. Kemudian polisi akan melanjutkan dengan penyidikan untuk menentukan tersangka pada kerumunan acara Habib Rizieq.

Tubagus juga menjelaskan apa yang ditanyakan pihaknya kepada Anies. Dia menyebut Anies diminta untuk mengklarifikasi terkait status karantina yang berlaku saat ini di DKI Jakarta.

Dia menyebut polisi juga menanyakan aturan yang berlaku saat karantina wilayah ditetapkan. Jika ada pelanggaran pidana pada kerumunan di acara Habib Rizieq, maka polisi akan menetapkan tersangka.

Daftar 9 Orang yang Dimintai Klarifikasi

Sedianya polisi meminta klarifikasi dari 10 orang, tetapi salah satu saksi yang diperiksa reaktif Corona sehingga pemeriksaan ditunda.

“Pertama, ada Bapak Gubernur DKI Jakarta. Kemudian ada Bapak Wali Kota Jakarta Pusat (Bayu Meghantara),” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Selain Anies dan Bayu Meghantara, polisi turut memeriksa Biro Hukum DKI Jakarta, Yayan Yuhana, hingga Camat Petamburan, Muhammad Yasin.

“Kemudian juga ada Ketua RT serta RW setempat,” imbuh Yusri.

Kepala Satpol PP Arifin juga turut menjadi pejabat DKI yang diperiksa di Polda Metro Jaya terkait kerumunan di acara Habib Rizieq Syihab. Ada juga Kepala KUA Tanah Abang Sukana dan Bhabinkamtibmas Bripka Ginanjar.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan sedianya Lurah Petamburan Setiyanto juga ikut diperiksa hari ini. Setiyanto sempat hadir di Polda Metro Jaya pagi tadi.

Namun dari hasil pemeriksaan swab antigen yang dilakukan, Setiyanto diketahui reaktif virus Corona. Jadi, Setiyanto dirujuk ke RS Polri.

Anies Dicecar 33 Pertanyaan

Anies akhirnya selesai diklarifikasi soal kerumunan massa pendukung Habib Rizieq Syihab, di acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Anies mengaku mendapat 33 pertanyaan.

Anies yang menjalani pemeriksaan mulai pukul 10.00 WIB ini keluar dari ruang pemeriksaan dan memberikan keterangan kepada wartawan pada pukul 19.20 WIB.

Namun, Anies tidak banyak menjelaskan soal isi pemeriksaan maupun kasus kerumunan massa tersebut.

“Saya tadi telah selesai memenuhi undangan untuk memberikan klarifikasi dan prosesnya berjalan dengan baik, dan ada 33 pertanyaan yang disampaikan,” kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Selasa (17/11/2020).

Anies: Penjelasan Saya Jadi Laporan 23 Halaman

Anies mengungkapkan penjelasannya atas 33 pertanyaan dari penyidik Polda Metro Jaya tersebut kemudian terangkum menjadi sebuah laporan. Laporan itu terdiri atas 23 halaman.

“Saya tadi telah selesai memenuhi undangan untuk memberikan klarifikasi dan prosesnya berjalan dengan baik, dan ada 33 pertanyaan yang disampaikan menjadi sebuah laporan sepanjang 23 halaman,” ucap Anies kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Selasa (17/11/2020).

Anies menyerahkan soal isi pemeriksaan kepada Polda Metro Jaya. Dia hanya menyampaikan bahwa yang disampaikannya saat klarifikasi sudah sesuai dengan fakta.Selanjutnya Halaman123anies baswedanhabib rizieqgubernur dki jakartaaniespolda metro jayapolriround-up

Exit mobile version